Contoh Kasus 1
Kasus Perkembangan Teknologi
Informasi
Berjalannya waktu makin pesatnya
perkembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan komputer dalam kehidupan
sehari-hari semakin penting. Komputer saat ini bukanlah kebutuhan tersier tapi seperti
sudah menjadi kebutuhan sekunder masyarakat. Pengguna komputer kini makin
berkembang. Tidak hanya orang dewasa namun pelajar dan anak-anak sudah paham
dengan pemakaian komputer.
Trend yang berkembang saat ini adalah
komputer jinjing atau yang lebih dikenal sebagai notebook atau laptop. Dengan
adanya notebook, masyarakat dapat lebih simpel menggunakan komputer di luar
rumah atau kantor. Notebook membantu masyarakat yang mengharuskan bekerja
dengan komputer namun dengan tingkat mobilitas yang tinggi.
Dengan makin tingginya frekuensi permintaan dan penggunaan
notebook oleh masyarakat, banyak produsen komputer memanfaatkan peluang untuk
memproduksi notebook, dengan berbagai macam merek dan spesifikasi. Merek-merek
notebook yang sudah awam di telinga masyarakat seperti HP, DELL, Asus, Acer,
Lenovo, Toshiba, Axioo, MSI, Apple, dan masih banyak lagi.
Dari kondisi tersebut di atas, dan
semakin tingginya tingkat pendidikan dan kebutuhan masyarakat, maka membawa
pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian laptop. Di samping itu
konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk. Untuk itu produsen memerlukan
strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan
pembelian suatu produk.
Dalam melakukan pembelian, konsumen tidak terlepas dari
karakteristik produk baik mengenai penampilan, spesifikasi, dan harga dari
produk tersebut. Selain itu, faktor sosial juga berperan penting. Faktor sosial
dalam hal ini adalah dorongan teman atau keluarga. Faktor promosi perusahaan
juga berperan penting.
Contoh Kasus 2
Perilaku Konsumen Indonesia Terhadap Merek
Motor Honda
Honda merupakan produk motor roda dua
yang sudah mempunyai pangsa pasar yang besar. Kondisi persaingan yang semakin
ketat perusahaan dituntut untuk mampu menarik konsumen baru dan mempertahankan
konsumen. Dalam upaya memperoleh dan mempertahankan konsumen dibutuhkan
kepercayaan merek yang tinggi, karena dengan kepercayaan merek maka akan dapat
membuat konsumennya terus loyal pada merek Honda.
Honda telah memiliki kosumen dengan
tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga mereka pun tidak diragukan lagi.
Sampai sekarang merek motor honda masih tetap diminati masyarakat karena sudah
teruji kuwalitasnya, irit bahan bakarnya dan ramah lingkungan. sementara merk
lain dengan jenis produk yang sejenis penjualannya masih dibawah rata-rata
penjualan motor honda.
Meskipun demikian, Astra Honda Motor
selaku produsen terus meningkatkan tingkat penjualan dengan berbagai strategi
misal dari segi pemasaran yaitu melalui iklan di tv yang dibuat semenarik
mungkin. Dengan seringnya iklan yang ditayangkan di televisi, maka konsumen
akan lebih mudah mengingat produk tersebut. Para konsumen yang sebelumnya telah
memiliki kepercayaan atas produk ini akan semakin meningkatkan loyalitas pada
produk ini karena mereka telah yakin oleh kualitas yang telah dipertahankan dan
ditingkatkan dari dulu sampai saat ini.
0 komentar:
Posting Komentar